Skip to main content

10 Negara Terluas Di Dunia

Berbicara tentang negara pasti tidak luput dari luas daratan maupun larutannya. Memiliki wilayah adalah syarat terbentuknya negara secara de facto maupun de jure. Berikut adalah urutan 10 negara terluas di dunia :

1. Aljazair

   Negara yang terletak di utara benua Afrika ini memiliki luas 2,382 juta km persegi. Ibukota negara ini adalah Aljir yang terletak di pesisir utara negara ini. Pada wilayah selatan terdapat gurun Sahara yang merupakan gurun pasir terbesar di dunia.

2. Kazakhstan
Kazakhstan mempunyai luas sebesar 2,725 juta km persegi. Negara yang terletak di Asia Tengah ini tak memiliki garis pantai. Namun, terdapat danau bernama Laut Kaspia yang menjadi pemisah benua Eropa dan Asia. Negara ini juga merupakan negara pecahan Soviet terluas kedua setelah Rusia.

3. Argentina
   Argentina adalah sebuah negara di benua Amerika Selatan. Negara ini mempunyai luas wilayah sebesar 2,78 juta km persegi. Negara ini beribukota di Buenos Aires dan merupakan bekas jajahan bangsa Spanyol.

4. India
India, sebuah negara di selatan Asia yang memiliki luas 3,287 juta km persegi. Membentang dari wilayah utara yang berbatasan dengan RRC, Nepal dan Bhutan. Sampai wilayah selatan dengan Sri Lanka dan Samudera Hindia.

5. Australia
Daerah di sebelah selatan Indonesia ini adalah benua sekaligus negara berdaulat. Luas Australia dan semua wilayah teritorialnya adalah 7,692 juta km persegi. Ibukota negara ini terletak di pesisir timur benua ini.

6. Brazil
Negeri samba, itulah julukan mantan jajahan Portugis ini. Sungai Amazon menjadi daya tarik tersendiri bagi para penjelajah yang menyukai alam liar. Luas wilayah yang mencapai 8,516 juta km persegi membuat negara ini termasuk ke dalam 10 besar negara terluas di dunia.

7. Republik Rakyat Cina
Negara berideologi komunis ini memiliki luas sebesar 9,597 juta km persegi. Diimbangi jumlah penduduk yang banyak membuat wilayahnya yang luas ini tidak kosong meskipun lebih banyak yang tinggal di perkotaan daripada pedesaan.

8. Amerika Serikat
Bertolak belakang dengan RRC, negeri ini berhaluan kapitalis yang menyebabkan banyaknya si kaya dan si miskin. Wilayah yang membentang dari Hawaii sampai Florida ini memiliki luas mencapai 9,834 juta km persegi.

9. Kanada

Bekas jajahan Britania raya ini memiliki luas wilayah terbesar kedua di dunia. Dengan luas mencakup 9,986 juta km persegi, negeri ini pantas disebut bekas imperium Britania Raya terluas dan terbesar.

10. Rusia
Kalau memperbincangkan soal luas, tentu Rusia-lah jawaranya. Negara pecahan Uni Soviet ini memiliki luas sebesar 17,1 juta km persegi. Pegunungan Ural yang memisahkan Eropa dan Asia terletak di negara ini. Ibukotanya, Moskow berada di bagian Eropanya.

Itulah ke-10 negara terluas di dunia sesuai fakta yang benar. Wilayah yang luas jika tidak diimbangi dengan kualitas SDA & SDM yang baik belum tentu menentukan maju tidaknya negara tersebut.